Sistem Kendali Digital, yang diberikan pada semester 4 Prodi D3 Teknik Elektronika, merupakan  lanjutan dari mata kuliah Sistem Kendali yang diberikan di semester sebelumnya. Prasyarat kuliah ini adalah mahasiswa sudah dapat merancang sistem kendali kontinyu, menguasai konsep bahasa pemrograman, dan bisa menggunakan salah satu jenis Embedded System.

Pada kuliah ini mahasiswa akan belajar konsep dasar sinyal yang di diskritisasi dan mengamati perubahan sinyal asli terhadap perubahan waktu sampling (Time Sampling). Untuk memudahkan analisis dan perancangan sistem kendali digital, pada dua bab selanjutnya kelas akan membahas Transformasi Z dan Inverse Transformasi Z. Dua bab selanjutnya kelas akan membahas beberapa jenis struktur sistem yang di dasarkan pada letak sinyal yang di sampling.

Parameter kualitas sistem kendali merupakan bahasan berikutnya. Pada bab 'Kestabilan', mahasiswa akan dikenalkan konsep kestabilan dalam bidang Z dan beberapa perbedaan mendasar dengan kestabilan kendali kontinyu (bidang S). Aplikasi kendali digital (PID digital) selanjutnya dibahas untuk aplikasi pada sistem diskrit, baik dengan bahasa pemrograman maupun embedded system. Materi ini sangat penting untuk memberi gambaran real tentang konsep kendali digital dan keadaan lapangan. Terakhir, mahasiswa akan dikenalkan peralatan-peralatan sistem kendali yang sering dipakai di industri. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat sejak dini mengidentifikasi hal-hal yang harus disiapkan agar bisa bekerja dalam bidang kendali industri.