Identitas Mata Kuliah

a.Judul Mata Kuliah: Dasar-dasar Pemrograman

b.Nomor Kode / SKS: TI 1014 / 4

c.Semester / Tingkat: 1 / I

d.Prasyarat: Ilmu matematika SMA

e.Jumlah Jam / Minggu : 7


Ringkasan Topik / Silabus

Berpikir logis dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Solusi yang sistematis akan mengoptimalkan langkah kerja. Keterbatasan manusia menuntut adanya peran alat (computer) dalam membantu menyelesaikan permasalahan di bidang informatika. Agar komputer dapat berperandalam menyelesaikan permasalahan di dunia nyata, tentunya perlu diturunkan langkah kerja / proses yang sistematis sehingga Final State dapat dicapai dari Initial State yang didefinisikan.

Pembahasan dimulai dengan membiasakan diri untuk berpikiran logis, detil dan sistematis. Dilanjutkan dengan cara pendokumentasian pola pikir tersebut kedalam format baku dunia informatika.Algoritma yang disusun ditambah dengan kemampuan memahami syntaks dalam bahasa pemrograman tertentu akan memudahkan coding untuk mengimplementasikan perangkat lunak aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya. Optimalisasi dan pemikiran akan sifat reusability dari algoritma yang dibuat menuntut adanya pemahaman modularitas program yang memecah program menjadi beberapa sub program dengan tujuan yang spesifik.

Setalah mahasiswadapat mendokumentasikan algoritma dari proses-proses sederhana, maka di phase berikut mahasiswamulai diberikan pemahaman terkait dengan bahasa pemrograman tertentu dengan pendekatan terstruktur, dimulai dari keyword dalam bahasa pemrograman, struktur program sampai dengan pembuatan modul program yang memudahkan pembuatan program besar secara teamwork.

Diharapkan dengan kemampuan mahasiswa untuk meng coding modul-modul generic - seperti counting, summing, searching dan sorting - dapat menjadi modal dalam pembuatan algoritma dan implementasi program yang memiliki kemampuan lebih kompleks.

Kompetensi yang Ditunjang

Kompetensi yang ditunjang oleh mata kuliah Dasar-dasar pemrograman adalah berpikir logis dan algoritmik, Menganalisis kebutuhan perangkat lunak, merancangperangkat lunak, mengembangkan perangkat lunak, serta mendokumentasikan perangkat lunak.

Tujuan Pembelajaran Umum

Setelah menyelesaikan matakuliah ini, mahasiswa dapat mengenal metode pemecahan masalah dan pengembangan algoritma melalui pendekatan yang taat aturan; mengetahui abstraksi proses dan data; mengetahui dan dapat merancang, meng- coding, men-debugging, melakukan testing dan menyusun dokumentasi program menggunakan gaya pemrograman yang baik; serta dapat menerapkan keterkaitan dan hirarki program; sehingga dapat memberikan dasar bagi studi lanjut dalam kajian ilmu komputer.


Tujuan Pembelajaran Khusus

Setelah menyelesaikan matakuliah ini, mahasiswa dapat berfikir logis dan terstruktur dalam rangka memberikan alternatif solusi bagi permasalahan yang diberikan, khususnya dalam proses komputasi. Pemberian alternatif solusi untuk komputasi dapat didukung oleh adanya struktur proses dan struktur data yang dipilih. Mahasiswa juga harus mampu menguraikan dan mendokumentasikan alternatif solusi menggunakan sequential statement (pseudocode) atau menggunakan diagram flowchart.

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan :

·mampu mengungkapkan suatu masalah dan penyelesaiannya dalam bentuk yang terstruktur

·mengetahui dan memahami aspek aspek penting pemrograman komputer.

·memahami dan menguasai unsur unsur dasar pembentuk sebuah programkomputer.

·memahami dan menguasai algoritma algoritma dasar.

·dapat membuat algoritma sederhana yang tipikal.

·dapat memecahkan permasalahan dengan paradigma prosedural dan menuliskan spesifikasi serta algoritmanya tanpa tergantung pada suatu bahasa pemrograman.

·memahami penggunaan I/O device dan operasi terhadapnya

·mampu menterjemahkan suatu notasi algoritmik kedalam suatu bahasa pemrogramantertentu untuk kemudian mengeksekusinya

**rencana materi per pertemuan (lihat GBPP)