Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan 'telekomunikasi' bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:

  • Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Pager, televisi, dan radio.
  • Komunikasi Dua Arah (Full Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
  • Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie dan FAX
K3 Dan Keselamatan Kerja merupakan dasar-dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja ini dapat digunakan sebagai bahan acuan bagi tenaga kerja, mahasiswa dan pengurus Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) dalam meningkatkan operasional, aktivitas dan efektivitas P2K3.

Intel 8085 merupakan sebuah mikroprosesor 8-bit buatan Intel pada pertengahan tahun 70-an. 8085 cocok secara biner (binary) dengan Intel 8080 yang lebih terkenal tetapi membutuhkan lebih sedikit perangkat keras pendukung, sehingga mempermudah agar sistem komputer kecil dan ringkas dapat dibangun.

Algoritma dan Pemrograman Komputer adalah mata kuliah penunjang yang bertujuan untuk melatih mahasiswa sehingga memahami bagaimana logika berpikir dapat digunakan untuk membuat solusi atau penyelesaian terhadap suatu permasalahan dalam bidang pemrograman komputer.

Mata kuliah ini tidak bertujuan untuk membentuk mahasiswa menjadi seorang programmer namun lebih pada penajaman konsep dasar alur berpikir dan analisa tingkat tertentu dalam bidang pemrograman komputer yang diarahkan untuk dapat menunjang dalam hal pemahaman konsep bidang Elektro khususnya berkaitan dengan bidang Teknologi Telekomunikasi.

Penggunaan Bahasa Pemrograman C / C++ hanya digunakan sebagai tools atau media untuk melakukan implementasi terhadap simulasi-simulasi permasalahan yang dianalogikan dalam bidang pemrograman komputer.
Elektronika Analog 2 merupakan kelanjutan Elektronika Analog 1. Materi yang disajikan adalah rangkaian elektronika dengan masukan berupa sinyal ac dan lebih menekankan analisa kepada model rangkaian dengan sinyal ac, bagaimana mendapatkan faktor penguatan, resistansi input dan resistansi output, pengaruh frekuensi serta aplikasi rangkaian. Topik yang dibahas meliputi:Rangkaian penguat dan Penguat Bertingkat, Respon Frekuensi rangkaian penguat, Penguat Daya, Penguat Umpan Balik, Penguat Operational (Operational Amplifier), Rangkaian Osilator, Prasyarat pengetahuan: memahami rangkaian listrik Memahami rangkaian elektronika dasar

Sistem: kumpulan beberapa elemen yangdikelompokandalam suatu kesatuan untukmencapai tujuantertentu.

Komunikasi: penyampaian atau penyaluran informasi dari suatu tempat ke tempat lain.

Sistem komunikasi: suatu jaringan transportasi informasi dari suatu sumber (source) ke satu atau beberapa tujuan (sink) dengan melalui satu atau lebih media transmisi.