Manajemen lalu lintas merupakan mata kuliah wajib program studi bagi mahasiswa D-IV Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan Politeknik Negeri Bandung. Mata kuliah ManajemenLalu Lintas didesain khusus agar mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan tentang perilaku manusia dalam berlalu lintas, standar dan prosedur analisa lalu lintas, dan strategi manajemen lalu lintas. Prasyarat matakuliah ini adalah Teknik Lalu Lintas, Perancangan Geometrik, Perancangan Jaringan Jalan, Gambar Teknik, Ilmu Ukur Tanah, Pengantar Lingkungan dan Pengantar GIS. Mahasiswa disarankan sudah menguasai terlebih dahulu tentang materi mulai dari jaringan jalan dan pembebanan arus kendaraan dalam jaringan perkotaan juga perancangan bagian jalan, bangunan pelengkap dan perlengkapan jalan.Materi pokok yang akan diberikan dalam mata kuliah Manajemen Lalu Lintas ini ditekankan pada jaringan jalan di perkotaan, pengumpulan data lalu lintas (survei), metode analisa dan penyajian data lalu lintas dan konsep kapasitas jalan yang menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Mata kuliah ini akan dibagi dalam beberapa kelompok bahasan, yaitu Pengantar Manajemen Lalu Lintas dan Interaksi Tata Guna Lahan dengan Transportasi dan Strategi Dasar Manajemen Lalu Lintas dan aplikasinya dalam perancangan bagian jalan di perkotaan. Mata kuliah Manajemen Lalu Lintas ini dilaksanakan dalam 14 kali pertemuan, dengan kombinasi antara tatap muka, diskusi, studi literatur, survey dan analisis data lalu lintas, penelusuran database dan website internet, serta praktik perancangan di kelas dan/atau di laboratorium transportasi.


Mata kuliah ini merupakan prasyarat dari MK .... dan ....


Pelaksanaan perkuliahan dilakkan di kelas konvesional dan e learning classroom selama 4 minggu perkulihan.

Estimasi Biaya merupakan mata kuliah wajib program studi bagi mahasiswa D-IV Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, Departemen Teknik Sipil,Politeknik Negeri Bandung.  Mata kuliah Estimasi Biayamerupakan mata kuliah yang menguraikan tentang prinsip-prinsip penghitungan rencana anggaran biaya, mulai dari langkah-langkah menghitung harga satuan dasar (HSD) bahan, alat dan tenaga kerja, selanjutnya melakukan analisis untuk menetapkan koefisien harga satuan pekerjaan,menghitung harga satuan pekerjaan (HSP), dan penghitungan volume pekerjaan; yang semuanya merupakan dasar bagi penghitungan harga perkiraan sendiri (HPS) maupun biaya penangananpekerjaan jalan dan jembatan.

Prasyarat bagi mata kuliah ini adalah mahasiswa diwajibkan sudah mengetahui terlebih dahulu tentang Perencanaan Jalan Raya dan Metoda Konstruksi Jalan, AlatBerat, dimana ketiga materi ini merupakan pertimbangan utama dalam melakukan analisis harga satuan pekerjaan (AHS) dan menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB).Materi pokok yang akan diberikan dalam matakuliahini ditekankan pada pemahaman mahasiswa akan penghitungan harga satuan dasar, analisis harga satuan pekerjaan dan rencana anggaran biaya berdasarkan perhitungan harga yang secara teknis dirinci secara detail berdasarkan suatu metode kerja danasumsi-asumsi yang sesuai dengan yang diuraikan dalam suatu spesifikasi teknik,gambar disain dan komponen harga satuan, baik untuk kegiatan rehabilitasi/pemeliharaan, maupun peningkatan jalan dan jembatan. Mahasiswa juga diberi pemahaman dengan menggunakan contoh kasus yang harus didiskusikan, terkait dengan konstruksi jalan dan jembatan, metoda pelaksanaan konstruksi, usia pelayanan jalan dan jembatan, kerusakan jalan dan jembatanberikut solusi atau perbaikannya, serta biaya yang ditimbulkan untuk pembangunan dan perbaikan kinerja jalan dan jembatan.

Matakuliah Estimasi Biaya ini diajarkan dalam 14 kali pertemuan, dengan kombinasi antara tatap muka, diskusi, studi literatur, survai dan analisis data konstruksi jalan dan metodanya,serta presentasi hasil survai dan analisis perhitungan biaya pembangunan dan perbaikan jalan dan jembatan.

MK SBJ 3 membahas Geser, Puntir, Kemampuan Layan dan Lendutan, dan Kehilangan Tegangan

Mata kuliah Teknik Lalu Lintas ini merupakan mata kuliah wajib program studi D-IV Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan di Departemen Teknik Sipil Polban. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang perilaku manusia dalam bergerak dalam konteks berlalu lintas dengan atau tanpa moda dalam jaringan jalan di perkotaan dan antar kota.