Mata kuliah Sistem Manajemen Jembatan merupakan mata kuliah inti di prodi D-IV Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, Jurusan Teknik Sipil , Polban. Mata kuliah ini memiliki Hasil Pembelajaran yaitu mahasiswa  mampu mengenal sistem manajemen konstruksi jembatan  sesuai acuan teknik ke-Bina Marga-an dalam sistem jaringan jalan raya di wilayah perkotaan dan antar kota.

Untuk mempelajari mata kuliah dengan beban 3 SKS ini, mahasiswa diwajibkan untuk menguasai mata kuliah prasyarat antara lain mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu Konstruksi Jalan, yaitu : Ilmu Ukur Tanah, Sistem Informasi Geografis, Teknik Lalu Lintas, Perancangan Geometrik Jalan (Ruas dan Simpang), Perancangan Perkerasan (Lentur dan Kaku), Perancangan Jaringan Jalan, dan mata kuliah yang berkaitan dengan Ilmu Jembatan , yaitu : Mekanika Rekayasa, Struktur Beton Dasar, Struktur Baja Dasar, Struktur Kayu, Struktur Jembatan Beton, Struktur Jembatan Baja dan Metoda Konstruksi Jembatan.

Dalam kedudukannya pada struktur Kurikulum prodi D-IV TPJJ, Mata kuliah Sistem  Manajemen Jembatan ini merupakan prerequisite dari mata kuliah Amdal (Andalalin) dan co-requisite dengan mata kuliah Sistem Manajemen Jalan.

Materi dasar dari mata kuliah SMJB ini terdiri dari  beberapa pokok bahasan yaitu :

1. Pengantar SMJL

2. Sistem Manajemen Jembatan

3. Sistem Manajemen Jembatan (Bridge Management System) yang diterbitkan oleh  Bina Marga , Kementerian Pekerjaan Umum

Pada setiap pokok bahasan terdapat materi yang dapat diakses oleh mahasiswa dalam bentuk teks dan video. Pada akhir setiap sesi pembelajaran , mahasiswa dapat bertukar pikiran melalui forum diskusi dan dapat pula melakukan asesmen berupa kuis secara online.

Kemudian mahasiswa dibentuk dalam beberapa kelompok kerja dan melakukan praktik (survey-analisa data- perancangan sistem manajemen jembatan) yang  dibimbing oleh Dosen Pengampu dengan mengaplikasikan Sistem Manajemen Jembatan untuk upaya menjamin tingkat layan dan keamanan struktur serta keselamatan pengguna jalan  dalam konteks  infrastruktur jalan di perkotaan dan antar kota.

Pada akhir semester, setiap kelompok kerja wajib mengumpulkan seluruh tugas tersebut dalam satu laporan KERTAS KERJA PERANCANGAN .

Selamat belajar dan sukses.

Mata kuliah Manajemen Lalu Lintas merupakan mata kuliah inti di prodi D-IV Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, Jurusan Teknik Sipil , Polban. Mata kuliah ini memiliki Hasil Pembelajaran yaitu mahasiswa  mampu mengaplikasikan strategi dasar manajemen lalu lintas dalam tahap perancangan infrastruktur jalan di perkotaan sesuai acuan teknis yang berlaku di Indonesia.

Untuk mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diwajibkan untuk menguasai mata kuliah prasyarat antara lain : Ilmu Ukur Tanah, Sistem Informasi Geografis, Teknik Lalu LIntas, Perancangan Geometrik Jalan (Ruas dan Simpang), Perancangan Perkerasan (Lentur dan Kaku), Perancangan Jaringan Jalan dan Pengetahuan Lingkungan.

Dalam kedudukannya dalam struktur Kurikulum prodi D-IV TPJJ, Mata kuliah Manajemen Lalu Lintas ini merupakan prerequisite dari mata kuliah Amdal (Andalalin) dan co-requisite dengan mata kuliah Sistem Manajemen Jalan.

Materi dasar dari mata kuliah MLL ini terdiri dari  pokok bahasan yaitu :

1. Pengantar MLL

2. Interaksi Guna lahan dan Transportasi

3. Strategi Dasar MLL

Pada setiap pokok bahasan terdapat materi yang dapat diakses oleh mahasiswa dalam bentuk teks dan video. Pada akhir setiap sesi pembelajaran , mahasiswa dapat bertukar pikiran melalui forum diskusi dan dapat pula melakukan asesmen berupa kuis secara online. Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan tugas aplikasi strategi dasar MLL pada komponen jalan perkotaan yang diberikan dengan tepat waktu dan menjadi syarat untuk mendapatkan tugas berikutnya.